24 SEP 2024 BISNIS 2 MENIT DIBACA 89 DILIHAT

Gampang Menyerah? Oh No…

Ternyata mudah atau tidaknya kamu menyerah bisa ditentukan dari mindset atau pola pikirmu.

Pola pikir adalah rangkaian pemikiran yang membentuk kebiasaan berpikir dari setiap orang. Menurut psikolog terkenal Carol Dweck, ada dua pola pikir dasar yang membentuk kehidupan dan keputusan yang kita ambil yang akan menentukan kesuksesan dan kegagalan, yaitu "Fixed Mindset (pola pikir tetap)" dan "Growth Mindset (pola pikir bertumbuh)".   

Fixed mindset

Merupakan tipikal orang yang gampang menyerah dan condong menyalahkan kelemahan dalam diri mereka. Orang-orang seperti ini selalu melihat sisi negatif dalam diri mereka dan menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya.

Growth mindset

Biasanya dimiliki oleh orang yang tidak mudah menyerah, yang melihat kegagalan bukan sebagai bukti kurangnya bakat, melainkan sebagai kesempatan untuk memperkuat kemampuan mereka saat ini.

Berikut cara mengembangkan growth mindset:

  1. Dekonstruksi
    Ketika menemukan tantangan yang terlalu besar untuk ditangani, pecahlah menjadi tugas yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola, lalu atur berdasarkan urgensi.

  2. Kembangkan ketahanan
    Pelajaran hidup mengajari kita apa yang perlu kita pelajari agar dapat memenuhi potensi kita. Maka perlu mengembangkan ketahanan terhadap tantangan, dan tidak menyerah ketika keadaan menjadi sulit.

  3. Menilai positif setiap kritikan
    Daripada merasa putus asa dengan respon negatif, cobalah melihatnya sebagai cara untuk meningkatkan pengetahuan. Jika tidak berkinerja baik di suatu area, anggaplah sebagai kesempatan untuk menghadapinya dan melihatnya sebagai area untuk terus dikerjakan.

  4. Rangkullah kekuatan
    Menambahkan kata "belum" untuk setiap pernyataan dapat mengubah kepercayaan dirimu. Ketimbang mengatakan "Saya tidak tahu cara melakukan ini", mendingan memilih "Saya belum tahu cara melakukan ini" sehingga kamu dapat memegang kendali kembali dan mengupayakan lagi dengan lebih percaya diri.   

Dengan mengubah pola pikiranmu menjadi growth mindset, maka kamu membuka diri terhadap peluang yang akan mengarah pada kesuksesan.  Kamu akan menanggapi tantangan hidup dengan cara baru, dengan berfokus pada bagaimana   dapat mencapai tujuan  lebih cepat  dengan sikap yang lebih positif.